Home » » Tips Pengelolaan Bisnis Yang Patut Anda Coba - Analisis SWAT Andi AM

Tips Pengelolaan Bisnis Yang Patut Anda Coba - Analisis SWAT Andi AM

Tips Usaha - Seorang pengusaha muda berbadan kurus asal tanah bugis pernah berpesan "Jika engkau ragu dengan kemampuanmu sendiri, maka yakinlah dunia akan lebih meragukanmu" yaa.. Andi Akbar Muzfa atau yang akrab disapa Andi AM berkata demikian bukan tanpa alasan, konon pengusaha yang menggeluti bidang bisnis fashio ini sudah bosan gagal, bahkan dia mengakui bahwa "Ada-ada saja jalannya agar bisnisnya selalu gagal, mulai lagi gagal lagi.. mulai terus dan maju terus sampai sukses...!!!" ujarnya diakun pribadi facebook beberapa hari yang lalu.

Menurut Andi AM, kegagalan adalah jalan keteguhan, kesabaran dan kebijaksanaan. Menjadi pengusaha memang tidaklah mudah namun juga tak sesulit membelah lautan. Nahh... Pada kesempatan kali ini admin Aoi Queen akan mencoba membagikan beberapa tips pengelolaan dana usaha baik bagi mereka yang sedang ingin memulai usaha atau saat ini sedang menjalankan usahanya. (dikutup dari hasil diskusi bersama Andi AM)

Empat Tips Pengelolaan Dana Usaha Yang Tepat

Perencanaan Yang Matang Dan Terarah
Perencanaan dibuat agar pengeluaran tepat sasaran, usahakan tidak ada unsur yang kurang atau lebih. Kurangnya item menyebabkan proses produksi terhambat. Sebaliknya, berlebihan membelanjakan uang perusahaan mengakibatkan pembengkakan output. Aset yang terlanjur terbeli tidak dapat dipindahtangankan dengan ganti rugi yang sama.

Rencanakan dan pantau harga pasaran sebelum melakukan pembelian barang atau jasa untuk keperluan kantor. Pilih sumber yang menawarkan kisaran harga rendah tetapi memiliki jaminan kualitas prima. Bila perlu, lakukanlah kerjasama bisnis di sana. Misalnya Anda bersedia menjadi pelanggan tetapnya jika pihaknya memberlakukan potongan harga atas pembelian barang berjumlah banyak.

Pondasi Awal Yang Kokoh

Pengadaan aset tetap wajib Anda adakan diawal perintisan usaha. Aset yang dimaksud meliputi gedung atau ruko, perlatan produksi dan perlengkapan karyawan. Benda lainnya, seperti barang baku sediakan dalam jumlah sedikit dahulu. Ini menyangkut penurunan muut yang mungkin terjadi bila tersimpan dalam jangka waktu panjang.

Pembayaran pembelian aset juga harus Anda pertimbangkan. Membeli dengan cara tunai jauh lebih hemat daripada menggunakan sistem kredit atau angsuran. Konsekuensi yang Anda tanggung ialah persiapan dana modal cukup besar. Kredit juga tidak masalah, pilih yang memberikan penawaran bungan rendah. Persaingan kreditur yang kian ketat memudahkan Anda sebagai klien bebas memilih.

Jangan Dahulukan Yang Penting Tapi Yang Terpenting
Alokasikan dana usaha atas pembelian sesuai prioritas terpenting. Selain untuk kiat berhemat, kemungkinan harga turun seiring dengan pertambahan waktu sangat mungkin terjadi. Hindari pengadaan barang yang tidak dipakai dengan alasan stok gudang. Anda akan mengalami kerugian saat pasar menurunkan harga barang yang telah dibeli sebelumnya.

Rincikan sesuatu yang penting tersebut dan beli menurut waktu yang sudah Anda tentukan. Utamaka  kebutuhan, bukan keinginan secara subjektif perseorangan. Diskusikan dengan anggotan lainnya ketika hendak menentukan priorotas tersebut. Tampung dan saring masukan yang menurut Anda paling logis.

Ketahanan Dana Untuk Potensi Terburuk
Kas atau dana cadangan yang di tabungkan berperan ketika terdapat keperluan mendadak yang mendesak. Anda tidak perlu bingung mencari atau mengurangi anggaran dana lainnya untuk kepentingan tak terduga semacam ini. Ketiadaan kas berpengaruh terhadap kelancaran proses produksi. Jangan sampai hanya karena hal sepele, penyampaian produk ke tangan konsumen menjadi terbengkalai.

Kelola dana kas dengan baik agar pemakaiannya sesuai fungsinya. Tabungan boleh digunakan untuk hiburan pekerja bila nominalnya lebih dari target. Itu artinya, bisnis selalu bisa terkendali sebagaimana harapan Anda. Alhasil, kas utuh karena pengelolaan keuangan perusahaan berjalan normal.

Meskipun demikian, Andi AM juga mengakui bahwa konsep diatas hanyalah teori semata, terkadang aktualisasi dilapangan cukup jauh berbeda dari perencanaan awal bahkan menimbulkan multi tafsir terkait langkah-langkah, pola atau kebijakan yang akan kita ambil, bahkan akan ada kondisi dimana tidak ada pilihan selain tidak memilih, pada titik seperti itulah pendewasaan usaha benar-benar akan lebih diuji. Tutur Andi AM saat melihat kaos distronya yang terpaksa banting harga.

Posted By. Aoi Queen (A2)

0 komentar:

Posting Komentar